Berhenti Merokok


Kenapa yah untuk masalah yang satu ini susahnya minta ampun, Padahal sudah banyak korbannya, nah bagi yang ingin berhenti merokok dibulan puasa ini nih bulan berkah sekalian niat berhenti merokok. kok dibulan puasa..??

Yah karena bila kita berpuasa didahulukan dengan niat begitupun untuk berhenti merokok. coba dech kamu pikir bila kita berpuasa  kita tidak merokok -/+ 14 jam,bila kita memang niat berhenti merokok dengan serius sehabis buka,shalat,taraweh terus bobo besok sahur dan puasa lagi jadi lupakan ngerokoknya… hehehe kalo bisa..??

ok kita kupas sedikit yah tentang udut/rokok..!!

rokok

Rokok, mungkin itu adalah benda yang tidak asing bagi kita di lingkungan sekitar kita. Benda yang terbuat dari tembakau ini ternyata telah digemari banyak orang dan telah menjadi kebiasaan yang tak dapat dihilangkan. Tapi tahukah kamu ? Benda ini ternyata sangat berbahaya sekali bagi tubuh kita. Mengapa?

dampak_merokok

Karena Kandungan zat berbahaya yang terkandung dalam rokok:

  • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
  • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Pengaruh Rokok Terhadap Tubuh :

  • Otak : Nikotin yang terdapat dalam rokok mempengaruhi kerja otak dan menyebabkan kecanduan.
  • Tenggorokan : Senyawa kimia pada rokok merangsang selaput lendir mengeluarkan lendir. Sehingga perokok biasanya mengeluarkan banyak dahak dan sering batuk. Perokok juga lebih mudah terserang kanker tenggorokan.
  • Kulit : Kulit kusam dan cepat keriput karena aliran darah ke kulit berkurang. Bisa terkena psoriasis, yaitu penyakit kulit menahun yang sangat gatal, ditandai oleh kulit kemerahan, kering, dan mengelupas berupa serpihan warna perak.
  • Jari dan Kuku : Tar yang terdapat pada tembakau membuat jari berwarna kuning dan kuku berwarna hitam.
  • Mulut : Gigi menjadi berwarna kuning dan nafas berbau. Perokok berisiko terkena kanker mulut, lidah, dan bibir.
  • Paru-paru : Perokok lebih banyak yang terserang kanker paru-paru daripada  bukan perokok. Selain itu, perokok juga lebih mudah terserang bronkitis (radang saluran pernafasan/bronkus), sesak nafas dan asma, emfisema (paru-paru bengkak).
  • Jantung : Zat-zat pada rokok membuat jantung berdenyut lebih cepat dan keras. Perokok lebih mudah terkena serangan jantung dan stroke.
  • Pembuluh Darah : Merokok menyebabkan lapisan sel pada dinding pada pembuluh darah rusak. Akibatnya lemak mudah tertimbun dan aliran darah terganggu.

jadi jelaskan kalo rokok itu berbahaya, nah bagi yang ingin berhenti coba dech dari sekarang oceh.

Iklan

10 Tanggapan

  1. # gw suka posting ini, perkenalkan gw Agus Suhanto

    • Thanks…..gue willy/iquna salam kenal juga yah bos….gue lg belajar ngeblog nih ama nulis hehehe…….blog situ keren bos…artikelnya banyak yg bermanfaat

  2. Assalamu alaikum wr. wb.

    Saudaraku tersayang di seluruh penjuru dunia maya…

    Alhamdulillah, bulan Ramadhan telah tiba…
    setelah sempat stagnant sampai sebulan lebih,
    akhirnya ada yang menginspirasi saya untuk menulis ucapan…
    & mengirim komentar spam-nya kepada Saudara2, he he he…
    Tapi kali ini, insyaAllah… saya akan mencoba lebih sopan.

    Hmm, mau tahu isi komen saya kali ini? Heee… rahasia…
    Ya udah deh, nih saya kasih tau…
    Tapi, beneran… mau tahu? Apa? Beneran… yakiin?
    Ow… jangan ngambek donk, iya maaf-maaf…
    Nih, saya kasih link comment-nya…

    http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/08/
    ucapan-selamat-kemerdekaan-ramadhan.html

    http://www.4shared.com/file/127273395/aafaeca/
    Ucapan_Selamat_Kemerdekaan__Ramadhan.html

    Selamat men-download & membaca komentar saya, ya!
    Lho, kok jadi maksa sih? He he he…
    Anggep aja ini cuma reminder & invitation message dari saya,
    jadi… nggak ditampilin juga nggak apa2, kok.

    Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita sekeluarga…
    dari kejamnya adzab & dahsyatnya fitnah…
    yang Ia turunkan di dunia, di dalam kubur, & di akhirat.

    Alhamdulillah, Saudaraku tersayang dimanapun kalian berada.
    Jadikanlah Romadhon kali ini lebih istimewa bagi dirimu…
    dengan mengamalkan Qur’an & Sunnah.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, secara Lahir Bathin…
    serta raihlah kemenangan sejati untukmu.

    Buat Saudaraku yang punya blog ini,
    mohon maaf lahir bathin & ma kasih, ya…

    Wassalamu alaikum wr. wb.

  3. Memang manusia itu maunya hidup sehat, tapi tidak mau berhenti mengonsumsi sampah berbahaya itu.
    Blog Anda bagus sekali. Saya bisa belajar dari Anda.
    Thanks sudah mau mampir ke Cianjur.
    Salam.

    • thank’s bgt bos…salam silatuhrahmi…

  4. wah udah ada postingan tentang rokok nie *akuwh jg pengen nulis yg berkaitan ttg rokok, akibat2na, de el el* hehehe ^^, bagus begete lagee bs buat referensi lg nie, oke begete ^-^ siip de kang…gud luck sll ea…semangat2…

    thankz ea udah mampir di rumah akuwh ^-^

    Salam sayank

  5. Thanks ud mampir……artkel riyanti manstap-manstap hehehe

  6. klo boleh tukeran link na kang?

    Salam sayank

    • ok….thanks….ambil aje disidebar….link nya http://riyanti.web.id/ yah

  7. thankz ea link jg udah ditautkan 🙂

    salam sayank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: