THR “Tunjangan Hari Raya”


Uang THR adalah hak pekerja yang diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, yang merupakan hak setiap karyawan dan kewajiban setiap perusahaan di Indonesia.

THR ‘Tunjangan Hari Raya” yang sangat ditunggu-tunggu oleh kalangan pekerja untuk digunakan dalam berbagai keperluan menyambut Hari Raya “Lebaran”. Berikut beberapa tips untuk mengelola THR Anda dengan baik :

Buat Rencana Pengeluaran :
Menjelang hari Raya biasanya pengeluaran akan meningkat. Mungkin Anda perlu untuk Zakat, Biaya Mudik, membantu Sanak Keluarga, membeli Oleh-Oleh, dan segala pengeluaran lainnya. Hitung dan rencanakan pengeluaran tersebut.

Jangan Lupa “Zakat” :
Hitung dan keluarkanlah zakat.

Prioritaskan Keperluan :
Susun daftar barang atau keperluan yang harus didahulukan. Sisihkan untuk membayar THR orang-orang yang bekerja di rumah Anda, seperti pembantu dan sopir.

Buat anggaran Bila mudik :

Jika ingin mudik, sebaiknya Anda menyusun rencana jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan mudik, selama di kampung, dan perjalanan pulang.

Lunasi Hutang :
Ini merupakan bagian penting. Kewajiban seorang yang berhutang adalah segera melunasinya ketika ia mampu. Dengan adanya tambahan penghasilan dari THR, maka keuangan Anda akan sedikit lebih longgar. Manfaatkan untuk melunasi hutang-hutang jika Anda memilikinya. Ingat, jika ketika mendapat tambahan penghasilan Anda tidak bisa membayar hutang, maka akan lebih sulit untuk membayarnya hanya mengandalkan penghasilan reguler.

Investasi :
THR boleh saja digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasilah dengan pakarnya. Salah satu investasi yang aman adalah menggunakan THR untuk membayar premi asuransi pendidikan anak-anak, kesehatan, atau jaminan hari tua.

Tabung Sebagian :

Sisihkan sekitar 10% untuk ditabung. Makin besar porsi untuk ditabung, makin baik. Jika ingin membeli barang, cobalah memilih produk yang memiliki nilai investasi, misalnya emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak daripada biasanya.

Gunakan sisanya untuk membeli kebutuhan Hari Raya Anda. Ya, sebentar lagi Lebaran, jadi pasti ada banyak orang yang berkunjung ke rumah Anda. Siapkan makanan, siapkan kue suguhan. Siapkan “angpau-angpau” kecil kalau memang dibutuhkan. Dan jangan lupa masih banyak disekeliling kita yang kurang beruntung atau mampu, gunakanlah Uang THR tersebut untuk saling memberi.

Iklan

2 Tanggapan

  1. kualitasnya setara Syafir Senduk … harusnya bisa dapat duit nih 🙂

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    salam kenal 😆

    • thank’s bos d mampir…..artikelnye manstap punya u

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: